Jumat, 08 Maret 2013

RETORIKA LOBI DAN JARINGAN



Retorika sebagai seni berbicara memang memiliki daya persuasi yang sangat tinggi, dengan menggunakan bahasa lisan yang indah (irama, mimik, dan intonasi suara).
Teknik Lobi merupakan kegiatan yang berupaya agar segala sesuatu berjalan tidak melalui kekuasaan melainkan melalui persuasi.
Lobi dapat terjadi :
a.     Antara dua orang, misalnya pada saat Ketua dan anggotanya memutuskan tanggal penyelesaian project yang harus diselesaikan oleh bawahan.
b.    Di dalam kelompok, misalnya untuk mengambil keputusan kelompok atas suatu kasus.
c.     Antar kelompok, misalnya bagian pembelian dengan pemasok dalam kesepakatan harga, kualitas atau tanggal penyerahan barang.

Pelobi yang baik :
a.      Percaya diri
b.    Menghargai orang lain
c.     Menciptakan penampilan yang baik
d.    Dapat mengendalikan emosi
e.     Tidak merasa sempurna
f.     Ramah, sopan, simpatik & humor
g.    Berpikir positif
h.      Sabar, ulet & tidak mudah putus asa
i.      Mencintai & memiliki profesi yang ditekuni

Persiapan Lobi :
Mempersiapkan bahan materi pembicaraan Menyusun tujuan sekaligus target yang akan dicapai Membuat janji Waktu pelaksanaan pertemuan. Dengan siapa Mengenal lebih jauh yang akan di lobby (kepribadian, hobby, sifat & karakter, dll) dari orang dekat). Kenal & akrab dengan orang dekatnya (Sekretaris, Ajudan, Rekan, dll). Persiapan penampilan (pakaian, sepatu, dasi, alat tulis, dll), sehingga menarik simpati & meyakinkan. Cheking seluruh persiapan.

Pelaksanaan Lobi

a)      Awali pembicaraan yang menyenangkan
b)      Uraikan secara jelas & singkat maksud dan tujuan
c)      Beri kesempatan untuk menanggapi
d)     Ikuti pembicaraan & ditanggapi dengan halus dengan menyanjung/pun memberikan usulan yang menarik
e)      Jika sudah menyangkut pokok persoalan dalam menanggapi langsung dipancing untuk mendukung/menyetujui keinginan kita sesuai dengan tujuan & target pembicaraan
f)       Akhiri dengan menyimpulkan & meningkatkan / mempertegas hasil pembicaraan pembicaraan
g)      Akhiri dengan kesan yang baik jika perlu tindak lanjut segera buat janji untuk pertemuan berikutnya

Setelah selesai pembicaraan jika ada sekretaris/ajudan/staf sampaikan terimakasih & diberitahu hal-hal yang sesuai dengan tugas mereka. Akhir Lobi…